Buat Kejutan, Tim Kuda Hitam Turki Kalahkan Austria di Euro 2024

Tim nasional Turki berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan Timnas Austria di babak 16 besar Euro 2024 dengan skor 2-1. Pertandingan ini berlangsung di Red Bull Arena, Leipzig pada hari Rabu, 3 Juli 2024 pukul 02.00 WIB.

Lewat dua golnya, Merih Demiral menjadi pahlawan kemenangan Turki. Sementara pemain pengganti Michael Gregoritsch memperkecil ketinggalan Austria.

Hasil ini memberi Turki kesempatan untuk bermain di perempat final melawan Belanda, yang sebelumnya menyingkirkan Rumania dengan skor 3-0.

Susunan Pemain Laga Austria vs Turki

1. Timnas Austria (4-2-3-1)

Penjaga Gawang: Patrick Pentz

Pemain Belakang: S Posch, K Danso, Phillipp Lienhart, Phillipp Mwene

Pemain Tengah: Nicolas Seiwald, Konrad Laimer

Gelandang: Romano Schmid, B Baumgartner, Marcel Sabitzer

Penyerang: Marko Arnautovic

Pelatih: Ralf Rangnick

2. Timnas Turki (3-4-3)

Penjaga Gawang: Mert Gunok

Pemain Belakang: Abdulkerim Bardakci, Merih Demiral, Kaan Ayhan

Pemain Tengah: Ferdi Kadioglu, Okan Kokcu, Ismail Yuksek, Murat Muldur

Penyerang: Kenan Yildiz, Arda Guler, Baris Alper Yilmaz

Pelatih: Vincenzo Montella

Jalannya Pertandingan Austria vs Turki

Saat pertandingan belum genap satu menit, Turki unggul 1-0 melalui sepakan bek Merih Demiral.

Gol Demiral tercipta karena kesalahan pemain Austria. Gelandang Christoph Baumgartner dan bek Stefan Posch mengantisipasi sepak pojok Arda Guler dengan salah.

Baumgartner mencoba membuang bola yang langsung mengarah ke gawang. karena mengenai kaki Posch dengan buruk dan berbalik ke gawang sendiri.

Beruntung, kiper Patrick Pentz dengan sigap menghalau bola yang hampir melewati garis gawang. Sayangnya, halauan Pentz tidak cukup baik, jadi bola tetap berada di depan gawang. Akhirnya, Merih Demiral menyambar bola liar itu dan membawa Turki keunggulan.

Pada menit ketujuh, Austria memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan, tetapi Philipp Lienhart gagal memanfaatkannya setelah tembakannya melebar.

Meskipun Austria unggul dalam permainan, mereka gagal membobol gawang Turki. Pada menit ke-45+1, Christoph Baumgartner membuang peluang.

Di babak kedua, Marko Arnautovic juga memiliki kesempatan bagus untuk mencetak gol, tetapi sepakan yang dia coba digagalkan oleh kiper Mert Gunok pada menit ke-51.

Alih-alih menyamakan skor, Austria kembali tertinggal setelah Merih Demiral mencetak gol keduanya dari sepak pojok Arda Guler pada menit ke-59.

Meskipun Austria tertinggal 0-2, Michael Gregoritsch memperkecil kedudukan menjadi 1-2 pada menit ke-66.

Dimulai dengan sepak pojok di sisi kanan serangan, Stefan Posch menyundul bola ke tiang jauh. Setelah menunggu, Gregoritsch menyambar bola ke gawang Turki.

Setelah mencetak gol, Austria lebih bersemangat untuk menekan Turki. Namun, pertahanan Turki dan kiper Mert Gunok tetap kuat.

Meskipun Turki berada di bawah tekanan, mereka bisa menambah gol pada menit injury time. Namun, tendangan kaki kanan Baris Yimaz diblok oleh kiper Patrick Pentz pada menit ke-90+4.

Pada menit ke-90+4, Mert Gunok membuat penyelamatan penting saat menepis sundulan Christoph Baumgartner. Meskipun Gunok berada di posisi yang berlawanan dengan bola, tangan kanannya menghalangi bola untuk masuk ke gawang.

Selain itu, Supersave Gunok membantu Turki mengalahkan Austria 2-1 dan membawa mereka ke perempat final Euro 2024 melawan Belanda.

Statistik Pertandingan

Timnas Austria – Timnas Turki

Gol: 1 – 2

Tembakan: 21 – 6

Tembakan tepat sasaran: 5 – 3

Penguasaan bola: 61% – 39%

Operan: 565 – 379

Akurasi operan: 83% – 79%

Pelanggaran: 12 – 5

Kartu kuning: 2 – 2

Kartu merah: 0 – 0

Offside: 2 – 1

Tendangan sudut: 10 – 4

Turki Jadi Tim Kuda Hitam Siap Tantang Belanda di 8 Besar

Turki kini menjadi tim kuda hitam yang siap menantang Belanda di perempat final Euro 2024. Sepanjang turnamen, mereka telah menunjukkan performa yang luar biasa, mengejutkan banyak pihak dengan permainan solid dan semangat juang tinggi. Kemenangan atas tim-tim kuat di fase grup membuktikan bahwa Turki bukanlah tim yang bisa diremehkan.

Perjalanan Turki menuju perempat final diwarnai oleh kemenangan melawan lawan-lawan tangguh dengan strategi matang dan pertahanan kokoh. Mereka mengandalkan pemain muda berbakat yang selalu memberikan kejutan di setiap pertandingan. Kehadiran pelatih berpengalaman juga memberikan dorongan moral serta taktik yang efektif bagi tim ini.

Kini, di babak 8 besar, Turki akan menghadapi Belanda, salah satu tim favorit di turnamen ini. Meski diunggulkan, Belanda harus mewaspadai Turki yang sedang berada dalam performa terbaiknya. Pertandingan ini diprediksi akan menjadi duel seru, dengan Turki bertekad melanjutkan kejutan mereka dan membuktikan bahwa mereka pantas disebut sebagai kuda hitam Euro 2024.

Leave a Comment